Sabtu, 25 Maret 2017

Cara Meningkatkan Kreatifitas

Sobat pernah tidak merasa buntu dan kurang kreatif? Jika pernah kamu wajib membaca tips meningkatkan daya kreativitas ini.

Kreatifitas adalah hal yang mahal didunia bisnis. Kreatifitas adalah salah satu skill esensial yang kamu butuhkan didunia kerja, entah pekerjaanmu berkecimpung didunia desain atau manajemen yang jelas kreatifitas dibutuhkan dalam segala bidang dalam pekerjaan. Jika pekerjaan kamu banyak menuntut kreativitas, pemikiran inventif dan inovatif berikut kami berikan 5 cara meningkatkan kreativitas kamu:

1. Bungkam kritik diri sendiri
Cara meningkatkan daya kreatifitas pertama adalah dengan membungkam diri kita untuk mengkritisi diri sendiri. Setiap kali kita memulai sesuatu yang berada di luar kebiasaan, sering kali diri kita sendirilah yang banyak memberikan kritik untuk menggagalkan ide-ide kita atau kita tak percaya diri terhadap kemampuan kita. Faktanya sangat sulit untuk menjadi kreatif ketika kamu selalu khawatir dengan apa yang kamu kerjakan.

Ketika anak-anak menggambar, mereka tidak khawatir dengan kesalahan yang ia buat atau ketidakserasian yang ia buat. Mereka mau mengambil resiko, dengan menggambar apa yang mereka inginkan, dan bersenang-senang saat melakukannya tak peduli dengan etika yang ada. Sedangkan orang dewasa ketika mereka mula membuat sebuah sketsa atau desain pola dasar, sejak awal mereka sudah berpikir ‘apakah ini akan terlihat bagus?’ atau ‘ini terlihat tidak bagus’ bahkan sebelum mereka merealisasikan ide-ide mereka.

Kritik diri bisa mempersempit pikiran kamu dan menghambat proses pemikiran kreatif, jadi carilah cara untuk menyingkirkan hal-hal negatif yang keluar dari kepala kamu. Contohnya kamu harus melakukan brainstorm dengan menuliskan setiap ide yang muncul dari pikiranmu. Setelah dituliskan baru pikirkan apakah ide tersebut bagus atau buruk pada karirmu. Tapi ingat jangan sampai pikiran ketakutan negatif menguasaimu, pikirkanlah secara obyektif pada idenya.

2. Lakukan sedikit perubahan di lingkungan kerja
Lakukanlah sedikit perubahan pada suasana kerjamu, hal ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan daya kreativitas.Contohnya mengganti letak barang pada meja kerja atau jika bisa ubah warna ruangan dengan warna relaks dan kreatif, jika kamu perlu kerja yang teliti dan performa yang tinggi bisa gunakan cat tembok berwarna merah.

Dengan sedikit perubahan pada lingkungan kantor, bisa membuat kamu memiliki cara pandang berbeda dan suasana baru sehingga dapat meningkatkan inspirasi dan kreativitas.

3. Kurangi kesibukan kerja
Jika hari-hari kamu, setiap minggu bahkan bulan selalu diisi dengan ‘mengejar deadline’ kamu nggak punya waktu untuk bereksperimen. Google dikenal dengan perusahaan yang memiliki strategi unik dengan memberikan stafnya 20% dari waktu kerja mereka setiap minggu untuk melakukan proyek spesial.

Cobalah sedikit mempraktekkan tips meningkatkan daya kreativitas yang diterapkan Google dengan memberikan waktu luang setiap hari (bahkan jika hanya 10-20 menit) untuk menjauh dari komputer atau tugas-tugas lainnya untuk berpikir atau relaks sejenak. Jadi intinya untuk memunculkan daya kreatifitas kamu harus memberikan waktu kepada otak dan hatimu beristirahat sejenak dari rutinitas keseharianmu.

4. Pergi dari Zona Aman
Steve Jobs pernah berkata “Kebanyakan orang tidak memiliki pengalaman yang beragam, sehingga mereka tidak memiliki cukup ‘titik’ untuk dihubungkan dan mereka berakhir dengan solusi yang sangat linear’. Terkadang cara meningkatkan daya kreatif terbaik untuk mendapatkan pemikiran inventif dan kreatif adalah dengan mencari pengalaman-pengalaman baru dalam hidup.

Jika kamu mengalami kebuntuan dalam berpikir cobalah sesuatu baru seperti membaca buku atau majalah yang biasanya tidak pernah kamu baca, makan siang dengan teman dari devisi lain atau hadir sebuah event atau seminar di luar bisnis atau bidang kamu. Karena kamu nggak akan pernah tahu darimana ide akan datang, maka jangan pernah ragu untuk mencari inspirasi dari apa dan siapa saja yang bisa kamu jadikan sumber ide-ide kamu berikutnya.

5. Hindari suasana yang terlalu sunyi
Cara meningkatkan daya kreatif terakhir adalah dengan menghindari dari suasana sunyi. Tidak seperti pekerjaan detail-oriented yang membutuhkan analisa dan ketelitian, kreativitas justru sering kali tumbuh subur pada tempat yang memiliki distraksi atau gangguan. Inilah yang menjadi alasan mengapa sangat sulit untuk mendapatkan inspirasi dan ide ketika kamu menutup pintu dan mengurung diri dalam sebuah ruangan untuk menghindari distraksi.

Sebuah penelitian dari University of Illionois menemukan fakta bahwa kebisingan dalam skala sedang dapat meningkatkan proses berpikir kreatif. Singkatnya, distraksi menghambat arus pemikiran yang mana merangsang otak kita untuk berpikir lebih luas dan asbtrak dan tentu saja lebih kreatif.

Para peneliti dengan suara latar belakang TV/Radio atau suara seseorang yang sedang menggunakan penyedot debu dapat meningkatkan kreativitas. Sedangkan kebisingan dalam tingkat yang lebih tinggi ataupun rendah tidak memberikan dampak positif pada kreativitas. Nah, mulai sekarang jika kamu sedang mencari solusi untuk kreatifitas, cobalah ganggu pikiranmu dengan mengerjakan sesuatu di kafe atau taman.

0 komentar:

Posting Komentar